Profil Mahasiswa & Lulusan

Sebagai Perguruan Tinggi yang berfokus pada pendidikan vokasi di bidang keuangan negara serta keterkaitan erat PKN STAN dengan kebijakan nasional terkait pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN), maka secara keseluruhan, kapasitas masukan mahasiswa PKN STAN relatif berfluktuasi. Berdasarkan data perbandingan antara jumlah pendaftar dengan jumlah yang diterima di PKN STAN dari tahun 2016-2019 untuk program reguler diketahui rata-rata kesempatan para pendaftar untuk diterima adalah 5.6% (setiap calon mahasiswa harus mengalahkan rata-rata kurang lebih 24 pendaftar lainnya untuk diterima di PKN STAN). Dari data historis empat tahun terakhir, penerimaan mahasiswa PKN STAN dapat ditunjukkan pada tabel di bawah ini:

Data hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru sepanjang 2016-2019 di atas menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa baru yang diterima semakin meningkat walaupun pada tahun 2019 jumlah mahasiswa yang diterima mengalami penurunan. Tren peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru ini dikarenakan adanya perluasan pengguna dari lulusan PKN STAN dan hal ini dapat menjadi indikasi atas peningkatan kepercayaan para pemangku kepentingan terhadap kualitas penyelenggaraan pendidikan vokasi di PKN STAN serta peningkatan kebutuhan akan SDM pengelola keuangan negara yang kompeten dan berintegritas.

Sebelum tahun 2016, lulusan PKN STAN sebagian besar ditempatkan di Kementerian Keuangan, sebagian kecil di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Namun, sejak tahun 2016, penugasan lulusan PKN STAN mulai diperluas di berbagai Kementerian/Lembaga lain untuk memenuhi kebutuhan SDM pengelola keuangan negara dengan jumlah yang terus meningkat sebagai bagian dalam mendukung kebijakan Kementerian Keuangan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara melalui program leaders factory. Bahkan, pada tahun 2018 sekitar 11% lulusan PKN STAN atau sejumlah 600 lulusan tersebar di 26 Kementerian/Lembaga lainnya dan pada tahun 2019 sekitar 14% lulusan atau sejumlah 622 lulusan ditempatkan di 32 kementerian/lembaga lainnya, tabel berikut menyajikan sebaran lulusan PKN STAN di berbagai Kementerian/Lembaga.

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui

  • Hotline :
  • + Tel: +6221 7361654-58 ext. 264
  • + Fax: +6221 7361653
  • Email: humas.baak @pknstan.ac.id (Selama masa darurat COVID-19, silahkan melakukan korespondensi  melalui email tersebut)

Terhubung Dengan Kami

Tetap terhubung dengan kami melalui akun resmi media sosial PKN STAN.

       

Lokasi Kampus