Pelaksanaan Tri Dharma

  1. Terselenggaranya pendidikan vokasi berkualitas tinggi di bidang pengelolaan keuangan negara

    ​​Kurikulum & Program Pendidikan
    Dalam rangka menghasilkan lulusan yang memenuhi harapan visi dan misi PKN, diperlukan standar kurikulum dan sistem pembelajaran yang kokoh sehingga proses pendidikan dapat berjalan baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut, kurikulum dan sistem pembelajaran PKN STAN dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, serta pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan soft skills. Dengan demikian, daya rancang dan daya kembang kurikulum PKN STAN dapat mendorong proses pembelajaran, integrasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran, dan suasana akademik yang mendukung penanaman nilai-nilai luhur terhadap seluruh sivitas akademika.

    Tidak cukup memperhatikan proses internal, pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran pada PKN STAN mendasarkan diri pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan pedoman pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT). Pengembangan ini disesuaikan dengan tantangan pendidikan tinggi dan arahan kebijakan Kementerian Keuangan melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

    Upaya tersebut diwujudkan PKN STAN melalui kebijakan pengembangan kurikulum yang tertuang dalam Peraturan Direktur No. PER-02/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur PKN STAN No. PER-03/PKN/2016 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi PKN STAN serta Peraturan Direktur Nomor PER-4/PKN/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Direktur Nomor PER-1/PKN/2016 tentang Pedoman Standar Mutu Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

    Selain hal tersebut di atas, upaya pengembangan program pendidikan kreatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi guna menghadirkan sistem pendidikan yang fleksibel memenuhi kebutuhan pengguna juga dikembangkan PKN STAN. Hal ini sejalan dengan inisiatif strategis BPPK yang menerapkan strategi Kemenkeu Corporate University. Pemanfaatan platform Kemenkeu Learning Center (KLC) yang merupakan media pembelajaran berbasis online yang dikembangkan Kementerian Keuangan melalui BPPK dimanfaatkan oleh PKN STAN untuk menghadirkan program pendidikan yang kreatif, hal ini tampak pada proporsi mata kuliah yang menggunakan metode blended learning terus meningkat setiap tahunnya. Sampai dengan tahun 2019 tercatat sudah sebanyak 55% mata kuliah (berkarya) telah menggunakan metode blended learning dengan menggunakan KLC sebagai sarana pembelajaran.

    Pemenuhan standar mutu dan kualifikasi akreditasi prodi dan institusi
    Sebagai langkah penjaminan mutu eksternal atas penyelenggaraan pendidikan pada PKN STAN, telah dilaksanakan proses akreditasi terhadap seluruh Prodi yang diselenggarakan PKN STAN. Saat ini, hasil akreditasi menunjukkan keseluruhan Prodi pada PKN STAN memperoleh akreditasi berpredikat “Baik Sekali”.

    Langkah penjaminan mutu ini menandai terlaksananya proses penyelenggaraan pendidikan tinggi yang mendorong pengembangan proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga menampakkan keunggulan dan daya saing PKN STAN dari berbagai perspektif. Dari proses inilah diperoleh luaran yang memiliki kompetensi dibidangnya, adaptif terhadap perubahan, dan kreatif menstimulasi lingkungannya untuk melakukan pembaharuan secara berkelanjutan.

    Luaran yang merupakan lulusan-lulusan dari setiap program studi ini diperoleh melalui proses pembelajaran yang dijamin dengan terimplementasinya sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan baik internal maupun eksternal dengan diperolehnya pengakuan dari badan akreditasi nasional dan pencapaian indikator-indikator penjaminan mutu lainnya yang merupakan upaya peningkatan relevansi dan daya saing kurikulum dalam Renstra 2015-2019 sebagai berikut:

    1. Capaian pembelajaran yang diukur melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan menunjukkan pada tahun 2019 sebesar 94 % lulusan memperoleh IPK minimal 3.25 (skala 4)
    2. Indeks persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang mencakup evaluasi terhadap performansi dosen pada tahun 2019 sebesar 4.5 (skala 5) dan evaluasi terhadap layanan akademik  sebesar 4.3 (skala 5); dan
    3. kepuasan pengguna terhadap lulusan yang merupakan luaran dari proses pendidikan di PKN STAN pada tahun 2019 menunjukkan 4.39 (skala 5) pengguna lulusan menyatakan puas atas kinerja lulusan.

     

  2. Terselenggaranya penelitian terapan berkualitas tinggi di bidang pengelolaan keuangan negara

    Kondisi yang diharapkan sesuai dengan arahan kebijakan ini adalah terbangunnya budaya dan komitmen penelitian di bidang pengelolaan keuangan negara yang berorientasi kemanfaatan dan keunggulan. Strategi untuk mewujudkan kondisi ini dengan melakukan pengembangan kapasitas dan komitmen penelitian terapan di bidang pengelolaan keuangan negara, yang meliputi kegiatan pengembangan kapasitas penelitian bagi dosen dan mahasiswa sesuai dengan kebutuhan nyata di bidang pengelolaan keuangan negara dan pengembangan prosedur baku pengelolaan dan sistem insentif penelitian untuk memfasilitasi dosen dalam melakukan penelitian unggulan.

    Pencapaian target kinerja penelitian pada 2015-2019 yakni diperolehnya 65 publikasi nasional maupun publikasi internasional.

  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat berkualitas tinggi dalam rangka penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara

    Kondisi yang diharapkan sesuai dengan arahan kebijakan ini adalah terjadinya transformasi pengetahuan, gagasan, keahlian, dan kepakaran di bidang pengelolaan keuangan berupa pengabdian kepada masyarakat (PkM) ke dalam manfaat nyata bagi instansi pemerintah dan pemberdayaan masyarakat secara umum. Strategi untuk mewujudkan kondisi ini adalah melakukan pengembangan kapasitas dan komitmen pengajaran dan penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara dalam rangka pengembangan potensi masyarakat yang direpresentasikan dengan target dilaksanakannya 15 program PkM yang berbasis kepakaran PKN STAN sepanjang 2015-2019.

    Selain itu pengembangan kemitraan dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka perwujudan aktivitas PkM secara berkelanjutan direpresentasikan dengan jumlah mitra binaan dengan target 15 mitra binaan sepanjang 2015-2019 yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kapasitas dan kemandirian mitra binaan dengan tingkat keterlibatan dosen dan staf dalam program PkM. 

    Pencapaian target kinerja PkM pada 2015-2019 yakni terlaksananya 122 program PkM dengan instansi/mitra terlayani sebanyak 1.107 instansi/mitra dengan rincian pelaksanaan PkM sebagai berikut:
     

    Pencapaian target ini bukan berarti tidak meninggalkan peluang untuk perbaikan di masa mendatang. Pengembangan program PkM ke depan diarahkan pada pengembangan potensi dan kebutuhan masyarakat berbasis pengembangan daya saing kewilayahan, penguatan tata kelola desa/wilayah binaan serta pengembangan PkM berbasis penelitian yang memberikan kontribusi pada pemecahan masalah yang dihadapi oleh masyarakat sehingga daya manfaat dari pelaksanaan PkM akan semakin tinggi.

    Jumlah kerja sama diklat/bimbingan teknis dengan pemerintah daerah pada tahun 2015-2019 sebanyak 118 program dan penerimaan peserta didik program afirmasi khusus untuk putra-putri Papua dan Papua Barat sepanjang 2015-2019 sebanyak 10 mahasiswa.

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui

  • Hotline :
  • + Tel: +6221 7361654-58 ext. 264
  • + Fax: +6221 7361653
  • Email: humas.baak @pknstan.ac.id (Selama masa darurat COVID-19, silahkan melakukan korespondensi  melalui email tersebut)

Terhubung Dengan Kami

Tetap terhubung dengan kami melalui akun resmi media sosial PKN STAN.

       

Lokasi Kampus