Tata Kelola

Pembentukan

Berdasarkan pada PMK Nomor 137/PMK.01/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN,  PKN STAN memiliki struktur cukup lengkap sebagai perguruan tinggi yang menjalankan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi secara utuh. Dalam hal mengkoordinasikan pengembangan mutu, dibentuk Satuan Penjaminan Mutu (SPM), berdasarkan Keputusan Direktur PKN STAN Nomor Kep-6/PKN/2016 tanggal 18 Januari 2016. Maka, adanya SPM ini adalah yang pertama dalam sejarah STAN sejak tahun 1950-an.

 

Tugas dan Fungsi SPM PKN STAN

Pasal 9 PMK Nomor 137/PMK.01/2015 menyebutkan bahwa SPM adalah unsur pembantu pimpinan di bidang penjaminan mutu pendidikan yang berada di bawah Direktur. SPM PKN STAN dipimpin oleh seorang Kepala dan bertanggung jawab kepada Direktur PKN STAN dan pembinaan secara teknis dilakukan oleh Pembantu Direktur Bidang Akademik.

Pasal 47 PMK Nomor 2 Tahun 2016 (Statuta PKN STAN) menyebutkan bahwa SPM mempunyai tugas mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pengembangan dan penjaminan mutu. Selanjutnya di Pasal 48, untuk melaksanakan sebagaimana dimaksud, SPM menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. pelaksanaan pengembangan pembelajaran dan sistem penjaminan mutu;
  2. pelaksanaan program dan kegiatan penjaminan mutu; dan
  3. pelaksanaan urusan administrasi.

 

Standar Mutu

Pasal 51 dan 52 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi memerintahkan setiap institusi pendidikan tinggi melaksanakan kegiatan penjaminan mutu. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dibedakan menjadi 2 yakni Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh perguruan tinggi, sedangkan SPME direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) melalui akreditasi sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Secara khusus implementasi SPMI di lingkungan PKN STAN memperhatikan:

  1. Standar mutu yang disusun mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Statuta PKN STAN.
  2. Pelaksanaan standar mutu merupakan kegiatan pemenuhan standar mutu melalui aksi nyata dan pendokumentasian standar mutu disertai bukti pendukung.
  3. Evaluasi pelaksanaan standar mutu dengan membandingkan output kegiatan pemenuhan standar mutu dan standar mutu.
  4. Pengendalian standar mutu merupakan tindakan dan analisis mengapa standar mutu tidak tercapai, lalu melakukan koreksi.
  5. Peningkatan standar mutu merupakan kegiatan perbaikan standar mutu agar lebih tinggi daripada standar mutu yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Struktur dan Gugus Kendali Mutu PKN STAN

Pada tahun pertama, SPM hanya terdiri dari 2 personel: Ketua SPM (A) dan Staf Ahli (F), dengan paduan inisial AF. Realokasi SDM dilakukan PKN STAN pada tahun kedua sehingga personel SPM: AN, ditambah anggota dari unsur Dosen/Calon Dosen. Karena mutu tanggung jawab bersama, SPM menggagas usulan pembentukan gugus kendali mutu (Tim Penjaminan Mutu) yang melibatkan unsur institusi, Jurusan, maupun Prodi. Struktur Tim Penjaminan Mutu ditetapkan oleh Direktur PKN STAN. Pada 2017 ditetapkan Struktur Tim Akreditasi dan Pengembangan Mutu Lintas Prodi (KEP-67/PKN/2017) sebagai berikut:

Slogan

Quality first!

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui

  • Hotline: +6221 7361654-58 ext.264
  • Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Terhubung Dengan Kami

Tetap terhubung dengan kami melalui akun resmi media sosial PKN STAN.

    

Lokasi Kampus